Angsa

54-dikejar-soang

Iya Soang (Angsa) hewan peliharaan yang sudah jarang dilihat lagi di kota-kota besar. Jika anda tinggal dijakarta dan kangen di kejar soang, silahkan datang ke Gigafarms.

Tapi pemikiran angsa itu galak tidak sepenuhnya berlaku di Gigafarms, angsa-angsa di gigafarms cukup bersahabat. Soang-soang disini cukup ramah, kecuali sudah di ganggu.

Anggi dan Angsa sahabat

Jika kita membuka buka situs tentang memelihara angsa, ada beberapa Jenis bibit angsa yang terkenal diantaranya adalah Toulouse, Embden dan African yang tergolong paling berat tubuhnya, tetapi sampai saat ini penulis belum bisa mendapatkan angsa spesies selain chinnese goose di Indonesia. Species angsa di giga farms adalah dari jenis chinnese goose (angsa china).

Angsa makan di daratan dan di air. Mereka hampir selalu bersifat herbivora, meski sejumlah kecil hewan akuatik kecil menjadi mangsa mereka. Di perairan, makanan mereka dapatkan dengan menyaring air, dan makanan mereka terdiri dari akar-akaran, batang, dan daun tanaman akuatik dan tanaman dalam air. Angsa dapat menjadi mesin rumput yang effektif dihalaman rumah anda.

Yang menarik dari angsa-angsa yang sering terlihat adalah jiwa sosial angsa yang sangat tinggi. Mereka hidup berkoloni, dan jika kita memiliki sekelompok angsa dewasa lalu membeli anak-anak angsa dari tempat lain, maka induk-induk angsa tersebut langsung melindungi anak-anak angsa yang baru tersebut. Tidak jarang juga kami menetaskan angsa menggunakan inkubator dan anak angsa yang menetas oleh inkubator tersebut tetap mau di rawat oleh angsa dewasa yang ada .

Sepasang angsa dan anak-anak angkatnya

Angsa juga pecinta sejati, Angsa dapat membentuk ikatan monogmi yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Hanya saja jika dalam satu populasi terdapat terlalu banyak pejantan, para pejantan tersebut akan selalu saling rebut betina (sama saja sepertinya dengan manusia). Dalam beberapa kasus, ikatan ini dapat berlangsung seumur hidup. Sarang mereka berada di daratan dekat perairan, dan jaraknya sekitar satu meter. Tidak seperti bebek dan angsa berleher pendek, angsa jantan membantu pembangunan sarang. Ukuran rata-rata telur angsa adalah (tinggi x diameter) 113 x 74 mm dan berat 340 g. Inkubasi berlangsung selama 34-45 hari.

Fakta-fakta lainnya tentang angsa

Termasuk hewan yang setia
Di beberapa negara,angsa dijadikan simbol dalam pernikahan ataupun simbol kasih sayang? Hal tersebut tak lepas dari sifat monogami yang dimilikinya. Seekor angsa jantan hanya akan bersama seekor angsa betina dalam kurun waktu yang sangat lama hingga kematiannya. Kasus “perceraian” hanya akan terjadi ketika proses bersarang yang dilakukan kedua individu burung tersebut mengalami kegagalan. Hewan yang satu ini juga dapat dikatakan setia saat menunggui kawanannya dalam migrasi, terutama ketika ada salah satu anggota kawanan yang jatuh dari formasi, dua angsa lain akan turun dan menunggu hingga angsa yang jatuh sudah benar-benar sembuh atau mati.

Hewan homoioterm

Hewan yang satu ini termasuk hewan homoioterm atau hewan yang suhu tubuhnya tidak akan mudah terpengaruh oleh perubahan suhu lingkungan. Dengan demikian, hewan yang satu ini mampu bertahan cukup lama di habitat yang baru.

Bukan hewan dimorfisme
Angsa bukan termasuk hewan dimorfisme (hewan berkelamin ganda), meski bentuk serta warna hewan jantan dan betina mirip, umumnya hewan jantan memiliki ukuran tubuh sedikit lebih besar dari hewan betina begitupula dengan berat tubuhnya.

Umumnya termasuk hewan herbivora

Angsa memiliki bentuk paruh yang tumpul di bagian ujung dan hal tersebut secara tidak langsung menandakan bahwa sebenarnya hewan yang satu ini adalah hewan herbivora. Hewan yang satu ini umumnya mengkonsumsi rumput, rumput laut, atau ganggang. Namun demikian, pada saat berada di atas permukaan laut, burung angsa juga memakan banyak zooplankton atau ikan kecil.

Sering melakukan migrasi
Saat berada di sebuah area, hewan yang satu ini akan tinggal hingga musim gugur sebelum kemudian terbang ke area yang lebih hangat untuk bertahan hidup. Umumnya hewan yang satu ini akan terbang secara berkelompok menuju arah selatan. tapi jangan khawatir, angsa cinna yang banyak dipelihara di indonesia belum pernah terlihat ber migrasi

Selalu terbang dan berpergian berkelompok
Hewan angsa bukan termasuk hewan yang bisa bermigrasi atau terbang sendirian, hal tersebut karena dalam setiap kelompok akan ada pemimpin yang menjadi navigator dalam migrasi, jika ada seekorangsa yang tertinggal oleh kawanannya, kemungkinan besar hewan tersebut tidak akan dapat bertahan hidup lebih lama dan mati. dan untuk angsa rumahan, jika tertinggal dari kawanan akan teriak-teriak sampai berjumpa dengan kawanannya.

Selalu membentuk formasi saat terbang

Jika Anda memperhatikan langit dan menjumpai sekawanan angsa yang sedang terbang, cobalah perhatikan bagaimana cara mereka terbang. Tentunya mereka akan membentuk formasi tertentu agar semua anggota dalam kawanan terlindungi. Umumnya kumpulan angsa ini akan membentuk huruf V dan pada saat pemimpin kawanan lelah, sang pemimpin akan melakukan manuver terbang kebelakang dan digantikan anggota lainnya. Angsa yang ada dibelakang juga akan mengeluarkan suara khas dengan bertujuan memberi semangat pada pemimpinnya.

Memiliki ukuran sayap yang besar
Tahukah Anda bahwa hewan yang satu ini memiliki ukuran sayap yang cukup besar dan mampu membentang luas? Bentangan sayap angsa diperlukan untuk memudahkan pertahanan angsa ketika terbang, agar tidak mudah terluka atau terhempas oleh tekanan angin yang terlalu kencang.

Penjaga yang baik

Polisi menggunakan anjing, sudah biasa. Kuda juga sudah biasa. Yang luar biasa adalah ketika angsa menjadi polisi dan itu hanya terjadi di China.

Polisi di pedesaan Xinjiang, China sejak tahun lalu sudah menggunakan angsa untuk berpatroli menjaga keamanan di daerah itu. Angsa, kata para penegak hukum di China, lebih baik dari anjing dalam mencegah tindak kriminal.

“Di antara semua unggas, angsa dikenal karena galak dan punya pendengaran yang tajam,” kata Zhang Quansheng, kepala polisi di Shawan, Xinjiang, seperti dikutip surat kabr People’s Daily.

“Dalam beberapa hal, angsa lebih berguna dari anjing. Sebuah rumah biasanya memelihara satu ekor anjing, tetapi seorang pencuri bisa menggunakan racun untuk membunuh anjing itu. Angsa biasanya bergerombol dan penglihatannya yang buruk pada malam hari membuat mereka sukar diracun,” beber Zhang lebih lanjut.

 

stop in at GigaFarms to taste something out of the ordinary