Tips Membekukan susu untuk menambah umur simpan

Mengingat umur susu yang singkat dan bakteri sangat mudah berkembang biak, membekukan susu dapat menjadi salah satu solusi untuk menyimpan susu yang belum akan digunakan untuk mencegah susu menjadi rusak dan tetap segar. Proses pasterisasi tentunya dapat juga menghambat proses rusaknya susu, tetapi akan banyak manfaat susu yang hilang dalam proses pasteurisasi

rawmilkgraphic

 

Susu beku rasanya lebih seperti susu segar daripada susu yang telah kalengkan atau telah dipadatkan, dan dapat digunakan untuk tujuan apapun sebagai mana susu segar digunakan: langsung di minum, dicampur sereal, di masak, atau dibuat keju atau sabun.

Semua jenis susu dapat dibekukan, seperti susu kambing baik yang telah pasteurisasi atau belum (segar), susu bebas lemak, susu rendah rendah lemak atau susu apapun yang dibeli dari toko.

Karena selama proses pembekuan akan menyebabkan beberapa proses pemisahan, maka susu dengan kadar lemak yang lebih rendah akan mengalami  lebih sedikit  perubahan dalam kualitas daripada susu yang kaya-lemak. Itu bukan berarti susu kaya-lemak tidak dapat dibekukan, tetapi kemungkinan terjadinya perubahan  rasa akan lebih terasa dari pada susu rendah lemak atau susu bebas lemak.

Bagaimanapun susu yang akan anda bekukan tergantung selera masing-masing, silahkan kita coba sendiri untuk membekukan susu sesuai selera kita. Jika Anda tidak menyukai hasilnya, Anda dapat menggunakan susu yang sudah anda bekukan untuk memasak, dan menyimpan susu segar untuk minum.

Pembekuan susu mungkin terdengar seperti proses yang sangat mudah dan tidak perlu dipikirkan (Anda hanya tinggal memasukkannya ke dalam freezer, kan?), Tetapi ada baiknya mengikuti tips-tips berikut untuk membantu Anda mendapatkan manfaat yang lebih baik dan masalah yang lebih sedikit dalam proses pembekuan susu yang  anda lakukan.

Tips #1

Dengan memasukan susu kedalam freezer tidak akan membuat susu menjadi lebih baik qualitasnya dari sebelum dimasukan ke dalam freezer. Jika susu yang Anda masukan kedalam freezer sudah dalam kondisi kurang baik, bisa dipastikan saat dikeluarkan dari dalam freezer juga kondisinya kurang baik.  Katakanlah anda membeli susu beku yang sebelum dimasukan ke dalam freezer kondisinya kurang baik, maka  ketika susu mulai mencair itu, Anda harus menggunakannya sesegera mungkin atau terpaksa harus membuangnya. Di gigafarms dipastikan susu segar hasil pemerahan langsung masuk kedalam freezer (dalam kondisi baik). setelah susu di peras, disaring langsung masuk kedalam freezer sehingga anda tetap memiliki susu dengan kualitas baik setelah susu mencair dan memiliki waktu lebih lama untuk menikmatinya setelah susu mencair.

Tips #2

Susu masih akan terasa kesegarannya bila di bekukan kurang dari 1 bulan, umumnya masih dapat di terima susu di bekukan dalam periode 3 sampai 6 bulan, tapi tentunya semakin lama proses pembekuan semakain banyak perubahan kualitas dari susu

Tips #3

Gunakan wadah berukuran kecil, susu beku perlu dicairkan didalam lemari pendingin atau wadah berisi air dingin. Kemasan berukuran besar akan memakan waktu yang lama untuk proses pencairan secara sempurna, wadah berukuran kecil mempercepat proses pencairan, dengan demikian kualitas susu dapat lebih terjaga setelah di cairkan, karena bagaimana pun saat temperatur mulai naik, proses rusaknya susu mulai berjalan kembali dengan lebih cepat. Dengan alasan tersebut gigafarms memilih kemasan 250 ml

Jika kebetulan anda membeli susu dalam kemasan besar karena harga yang tentunya lebih murah, pindahkan susu tersebut dalam kemasan yang lebih kecil sebelum di bekukan.

Kemasan yang kecil juga menjamin proses pembekuan yang lebih cepat, yang membantu menjaga kesegaran susu anda

Tips #4

Jangan isi penuh wadah tempat anda menyimpan susu, sisakan ruang untuk proses pengembangan setelah susu dibekukan. Rata-rata susu akan mengembang sekitar 10 % saat dibekukan, yang artinya untuk setiap 10 cangkir susu yang kita bekukan, kita harus menyisakan setidaknya 1 cangkir ruang kosong untuk proses pengembangan.

Tips #5

Tutup yang baik, susu sangat mudah menyerap bau-bauan, jadi pastikan wadah yang digunakan tertutup dengan baik. Di Gigafarms, freezer yang digunakan khusus hanya untuk menyimpan susu sehingga terhindar dari kemungkinan susu tercemar aroma lain.

Tips #6

Pastikan susu yang akan dibekukan dalam kondisi dingin (suhu kamar). Tips ini lebih ke pembekuan susu segar yang diambil dari peternakan yang telah melalui proses pasteurisasi, semakin hangat susu yang disimpan didalam freezer, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pembekuan dan secara otomatis rentang waktu susu mengalami proses penurunan mutu semakin lama. Dinginkan susu secara cepat sebelum dimasukan ke dalam freezer, bisa menggunakan air es atau ice cream freezer

Tips #7

Kocok susu selama proses pembekuan, bahkan susu komersial yang homogen tetap akan mengalami proses pemisahan saat di bekukan, saat proses pencairan selesai, aduk atau kocok susu untuk menyatukan kembali komponennya. Jadi jika saat proses pencairan anda mendapati bagian yang terlihat menggumpal, ini adalah kondisi yang normal dalam proses pembekuan.

Selamat menikmati susu segar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *